Perekat Rakyat Sulteng.

Pelantikan Bupati Donggala Terpilih Masih Sesuai Jadwal

53

SULTENG RAYA – Memasuki tahun 2019 yang akan dimeriahkan pelantikan bupati / wakil bupati (wabup) Donggala terpilih hasil Pilkada Serentak 2018 telah dilakukan persiapan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala, tanpa mengesampingkan kasus dugaan penganiayaan bupati Donggala terhadap anggota Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Banawa.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Donggala, Aidil Noor di ruang kerjanya Rabu (2/1/2019) mengatakan bahwa rencana pelantikan bupati terpilih periode 2019-2024 Kasman Lassa – Moh. Yasin tetap berjalan sesuai jadwal yang telah diterima dari KementErian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, yaitu pada Selasa 15 Januari 2019.

Rencana pelantikan itu, menurutnya belum berdampak signifikan atas kasus bupati Kasman Lassa dengan Panwas Kecamatan Banawa yang telah dilaporkan ke kepolisian.

“Sampai saat ini kami sebagai aparatur bupati tidak ada pemberitahuan terkait kasus Panwas. Yang jelas kami masih tetap berpegang pada rencana pelantikan 15 Januari,” tukasnya.

Namun diakui Aidil adanya kasus bupati dengan Panwas Banawa itu, pihak Pemkab Donggala tetap melakukan upaya damai dan pemberitahuan secara resmi ke Kemendagri dalam bentuk klarifikasi.

Hal ini dilakukan sebagai aparat pemerintah Kabupaten Donggala yang selalu berharap agar pemerintahan tetap dapat berjalan normal dan hubungan baik antar lembaga pemerintah tetap solid dengan cara menyamakan presepsi, jelasnya.

Terkait dengan rencana pelantikan, dilakukan berdasarkan surat dari Gubernur Sulteng, Longki Djanggola nomor 131/567/Ro.OTDA tanggal 19 Oktober 2018 tentang Penyampaian Waktu Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Hasil Pilkada serentak 2018 yang berisi penyampaian surat dari Kemendagri nomor 131/8553/SJ tanggal 16 Oktober 2018 prihal yang sama tentang rencana pelantikan tanggal 15 Januari 2019.

Atas pemberitahuan tersebut, Gubernur Sulteng juga telah menyurat ke Kemendagri nomor 131/251/Ro.OTDA tanggal 29/11/2018 prihal Usul Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Donggala Masa Jabatan 2019-2024.

Adapun terkait roundown rencana pelantikan, dijadwalkan pada Selasa 15 Januari 2019 bupati / wakil bupati dilantik di Kantor Gubernur Sulteng oleh Gubernur Longki Djanggola.

Kemudian esok harinya, Rabu 16 Januari penyampaian pidato visi misi bupati / wakil bupati dalam acara rapat paripurna di DPRD Donggala.

“Kami sudah konfirmasi dengan Karo Otda Sulteng, sekarang dokumennya sedang berproses di Kemendagri,” ujarnya. WAH

Leave A Reply

Your email address will not be published.