Perekat Rakyat Sulteng.

Kemendes Beri Bantuan Pompa dan Tangki Air di Donggala

51

SULTENG RAYA Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana, memberikan bantuan 120 pompa air, 240 tangki air dan 67 PLTS Portable kepada Pemda Donggala.

Bantuan yang diterima oleh Bupati Donggala, Kasman Lassa tersebut diserahkan oleh Direktur Peningkatan Sarana dan Prasarana, Agus Kuncoro di Donggala, Jumat (28/12/2018) akan dibagikan ke beberapa desa/kelurahan.

Bupati Donggala saat menerima bantuan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendes PDTT yang telah berupaya memberikan bantuan kepada para korban bencana alam yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Donggala.

Sementara Agus Kuncoro mengatakan bahwa bantuan tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat di Kabupaten Donggala yang menjadi korban bencana alam gempa dan tsunami.

Menurutnya, tiga jenis bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat pasca bencana adalah pompa dan tangki air serta listrik yang dihasilkan dari tenaga surya.

Ketiga bantuan itu dinilainya sangat sesuai dengan konndisi masyarakat pasca bencana. Karena untuk membangun sarana prasarana seperti jalan, pasar dan jembatan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh Kemendes PDTT, tidak memungkin untuk dilakukan di daerah bencana.

“Sifat bantuan ini sebagai aset Pemda bukan barang habis pakai. Pengelolaanya diserahkan kepada pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Sekadar diketahui bahwa bantuan ini tidak hanya diberikan kepada Kabupaten Donggala tapi dua kabupaten lain yang terdampak bencana di Indonesia juga mendapatkannya.

“Bantuan ini diberikan di tiga kabupaten yaitu Donggala dan Sigi (Sulteng) dan Lombok Utara (NTB),” tuturnya. WAH

Leave A Reply

Your email address will not be published.