Perekat Rakyat Sulteng.

Malam Pergantian Tahun, Pawai Motor Bakal Ditindak Tegas

53

SULTENG RAYA – Kapolres Banggai, AKBP Moch Sholeh bakal menindak tegas bagi pengendara motor yang melakukan pawai di malam pergantian tahun baru 2019.

“Masyarakat yang melalukan pawai kendaraan di malam pergantian tahun akan kami berikan teguran dan tindakan,” tegas Kapolres saat dikonfirmasi awak media di kegiatan pengobatan gratis pos pelayanan kesehatan Operasi Lilin 2018 Adipura Luwuk, Kecamatan Luwuk, Kamis (27/12/2018).

Menurut Kapolres, melakukan pawai kendaraan dapat menganggu arus lalu lintas dan membahayakan diri sendiri serta pengguna jalan lainnya. “Ini agar pengendara lain bisa merasakan keamanan dan kenyamanan saat berlalu lintas di jalan raya,” tutur AKBP Moch Sholeh.

Selain itu, Kapolres Banggai juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membunyikan petasan di malam penyambutan tahun baru 2019. Sebab dapat mengganggu kenyamanan dan juga membahayakan orang lain. “Merayakan pergantian tahun tidak perlu dengan menggunakan petasan atau bereuforia. Masih ada cara-cara yang lain yang lebih bermanfaat,” jelas Kapolres.

Dikatakannya, imbauan itu disampaikan berdasarkan instruksi Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim tentang larangan menggunakan petasan, kembang api dan sejenisnya pada perayaan menyambut tahun baru 2019 yang tertuang melalui surat imbauan Bupati Banggai nomor 400/5146/Bag.Kesra tertanggal 26 Desember 2018.

“Kami (Polres Banggai) sangat mendukung imbauan Bupati tersebut. Untuk itu kami imbau masyarakat untuk merayakan malam tahun baru dengan kegiatan keagamaan seperti dzikir dan doa bersama,” ujar Kapolres.

AKBP Moch Sholeh menegaskan, pihaknya akan terus melakukan razia petasan agar nantinya di malam perayaan penyambutan tahun 2019, masyarakat di Kabupaten Banggai bisa lebih hikmat, aman dan nyaman tanpa adanya suara petasan. “Saya imbau masyarakat tidak ada yang membunyikan petasan di malam tahun baru 2019,” imbaunya.

Lanjutnya, di malam pergantian tahun nanti, Polres Banggai akan mengerahkan seluruh personil untuk melakukan pengamanan dan patroli selama 1X24 jam. “Saya beserta jajaran akan melakukan pengamanan selama 1×24 jam untuk memantau situasi di malam pergantian tahun, sehingga masyarakat betul-betul merasa aman dan nyaman,” tegas perwira berpangkat dua melati di pundaknya itu.*/YAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.