Perekat Rakyat Sulteng.

Dinas Perpustakaan Sulteng Apresiasi Program Kampung Literasi Sigi

63

SULTENG RAYA – Pengurus Kampung Literasi Sigi (KLS) melakukan audiensi bersama Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (17/12/2018).

Audiensi tersebut  bertujuan untuk melakukan kerjasama atau sharing program literasi antara Kampung Literasi Sigi (KLS) dengan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Sulawesi Tengah.

Salah satu sharing program yang dibahas dalam audiensi tersebut yakni program Kemah Literasi Akhir Tahun yang akan diselenggarakan di Desa Walatana, Kecamatan Dolo Selatan, tanggal 29 – 31 Desember 2018 mendatang.

Kegiatan tersebut  bertujuan untuk memberikan spirit awal atau perkenalan kepada masyarakat bahwa komunitas literasi sudah memiliki banyak program harian, mingguan, bulanan hingga tahunan yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Perpustakaan Daerah Sulteng, Silviaty mengatakan bahwa Kampung Literasi Sigi (KLS) sangat baik, karena bersinergi dengan pemerintah melalui program-program pengembangan literasi.

“Melalui program kemah literasi ini, pemerintah akan berpartisipasi dengan membuat stand buku dan pemajangan mobil perpustakaan keliling yang stay selama kegiatan berlangsung. Ini adalah langkah positif karena komunitas ini digerakkan oleh kelompok muda yang punya semangat pengembangan dan pemberdayaan,”ujarnya.

Sementara itu, pembina KLS, Mahadin Hamran menjelaskan bahwa selain kemah literasi yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, ada juga program pembentukan Pojok Baca Desa yang saat ini sudah dibentuk di Desa Walatana dan Desa Baluase. Kedepannya, kata dia, KLS akan membuat beberapa Pojok Baca Desa di tempat lain, tergantung jumlah buku yang sudah  didapatkan.

“Pada hari Minggu (16/12/2018) yang lalu,  kami telah menerima bantuan buku dari Ormas ABI Jakarta dan Wabil (World Ahlulbayt League) dari Inggris sebanyak 498 Buku Majalah Muslim anak serta 100 Buku Iqra dan 25 Alquran. Melalui buku ini, pojok baca desa sudah dibuka setiap hari dan didampingi oleh pendamping Kampung Literasi Sigi, yang terdiri dari Anak SMP dan SMA,”ujar Mahadin. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.