Perekat Rakyat Sulteng.

Ekstrakurikuler SMPN 1 Palu Sudah Berjalan

17

SULTENG RAYA – Kegiatan Ekstrakurikuler adalah salah satu alternatif yang dapat menghilangkan rasa trauma sekaligus dapat membangkitkan kembali semangat siswa.

Menyadari hal itu, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Palu kini kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler siswa meskipun belum berjalan secara efektif.

Kepala SMPN 1 Palu, Farida, menuturkan, ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang selama ini digemari oleh siswa, karena dengan melalui ekstrakurikuler mereka dapat menyalurkan minat dan bakat yang mereka miliki. Sehingga, pada saat kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, kegembiraan mewarnai kegiatan itu, terlebih dengan itu, mereka bisa berkumpul bersama teman-teman yang mempunyai minat yang sama.

“Sudah dua minggu terakhir ini ekstrakurikuler sudah mulai berjalan, meskipun masih belum efektif. Dikarenakan, sarana yang belum memadai, misalnya seperti olah raga dan pramuka, masih belum berjalan efektif karena lapangan yang biasanya menjadi tempat mereka latihan, kini ditempati tenda yang digunakan sebagai ruang kelas sementara, sehingga mereka harus melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dengan menyesuaikan kondisi yang ada,”kata Farida, Sabtu (1/12/2018).

Begitu juga dengan ekstrakurikuler olah raga, biasanya dilaksanakan di Taman Gelanggang Olah Raga (GOR), itupun jika lapangan basket tidak digunakan oleh sekolah lain atau masyarakat yang juga sering menggunakan lapangan tersebut.

“Itulah sebabnya ekstrakurikulir di SMPN 1 Palu masi belum bisa berjalan efektif, padahal kehadiran siswa itu sudah diatas 80 persen,”ungkapnya.

Menurutnya, sarana prasarana menjadi syarat utama yang harus dibenahi untuk menormalisasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Sebab, jika sarana prasarana masih belum pulih seperti sebelum bencana, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah masih akan terganggu, minat dan bakat siswa pun tidak tersalurkan dengan baik.

Dia berharap, agar pemerintah segera mengatasi hal tersebut, sehingga aktivitas di sekolah bisa segera normal kembali seperti sebelum bencana. Selain itu, untuk membuktikan slogan Palu kuat Palu bangkit.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.