Perekat Rakyat Sulteng.

Rektor IAIN Keluarkan Rekomendasi Alih Status STAH

15

SULTENG RAYA- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, mengeluarkan rekomendasi alih status Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Sentana Sulawesi Tengah, dari perguruan tinggi swasta ke perguruan tinggi negeri.

Rekomendasi tersebut, diterima langsung Ketua STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah, Dr. I Wayan Sudarsana, S.Si., M.Si, dari Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H. Sagaf S Pettalongi.

Rekomendasi tersebut kata Sagaf, sebagai bentuk dukungan sesama perguruan tinggi keagamaan untuk mengembangkan ilmu keagamaan masing-masing, terlepas agama manapun. Bagi IAIN Palu, pengajaran, pengayaan, dan pengamalan keagamaan itu sangat penting, karena dengan memiliki pemahaman agama yang baik dan luas, semakin tinggi nilai toleransinya terhadap orang lain.

“Semua agama mengajarkan kebaikan dan kedamaian, jikapun ada yang melakukan dan mengajarkan kekerasan, dipastikan itu tidak memiliki pemahaman agama yang luas, memahami agama secara sempit,”kata Sagaf. Rabu (5/12/2018).

Terlebih kata Sagaf, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia, telah memberikan ruang yang sama kepada setiap agama untuk mengembangkan pendidikan agamanya, dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, atas dasar dan prinsip semakin bagus pengamalan agama seseorang terhadap agamanya, semakin bisa melaksanakan ajaran agama secara totalitas dan memiliki pandangan yang lebih moderat.

“Sebagai perguruan tinggi keagamaan yang menganut konsep moderat, IAIN Palu memberikan ruang yang luas untuk setiap agama berkembang, sehingga bisa bersinergi dalam membangun daerah dan negara, dalam konsep dan bingkai NKRI,”guru besar IAIN Palu ini.

Dalam kesempatan yang sama, sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara kedua perguruan tinggi dalam bidang pengembangan tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tindak lanjut dalam kerjasama tersebut dapat berbentuk joint research khususnya bidang sosial budaya dan kerukunan antar umat beragama. Kerjasama jug dapat dilakukan dalam bidang kemahasiswaan antar kedua perguruan tinggi  dalam memperkuat dan memperteguh NKRI.

Sebelumnya, STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah sendiri adalah Perguruan Tinggi Agama Hindu swasta dibawah Yayasan Dharma Kerti Sulawesi Tengah, mendapatkan surat Izin Operasional dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor: DJ V/SK/73/2008, pada tanggal 4 Juni 2008 bertepatan dengan Hari Raya Saraswati tahun 2008.

Berdasarkan keputusan itu, STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah membuka Jurusan Pendidikan Agama dengan Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Untuk memperkuat status STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah, maka Gubernur Sulawesi dengan Rekomendasi Nomor: 503/347/RO.EKBANG/2008; tanggal 5 Agustus 2008 mendukung berdirinya STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah.

Berdasarkan SK dan rekomendasi tersebut, secara resmi di Sulawesi Tengah telah berdiri Sekolah Tinggi Agama Hindu yang diberi nama Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Sentana Sulawesi Tengah yang mengemban misi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Umat Hindu di Sulawesi Tengah khususnya dan kawasan Timur Indonesia pada umumnya. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.