Perekat Rakyat Sulteng.

Menteri Ketenagakerjaan Hadiri Kuliah Umum di Poso

21

SULTENG RAYA – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI), Muhammad Hanif Dhakiri menghadiri pelaksanaan kuliah umum yang digelar oleh pihak kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Kabupaten Poso, Selasa (4/12/2018).

 

Menteri Muhammad Hanif Dhakiri yang hadir bersama rombongan ke wilayah Poso itu melakukan peninjauan fasilitas gedung UPT Lembaga Loka Latihan Kerja (LLK) yang ada di wilayah Kelurahan Ranononcu, Kecamatan Poso Kota Selatan.

 

Usai melakukan peninjauan, Menteri bersama rombongan langsung menghadiri kegiatan kuliah umum tersebut. Kuliah umum tersebut mengambil tema “Pengembangan Ketenagakerjaan Menuju Revolusi Industri Four Point Zero (4.0)”.

 

Acara ini digelar di halaman Kampus STAI Poso, Kelurahan Lawanga Tawongan, Kecamatan Poso Kota Utara. Sementara dalam materinya kuliah umum itu, Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, jika pembangunan suatu daerah bisa dilakukan melalui berbagai bidang, namun didasari dengan persatuan. Indonesia didirikan oleh para pahlawan dengan satu tujuan yaitu untuk membentuk rumah bersama.

 

Kata Hanif Dhakiri, melalui persatuan niscaya semua yang direncanakan pasti akan terwujud, oleh karena itu diharapkan kepada seluruh anak muda untuk selalu menggelorakan semangat persatuan.

 

“Empat tahun pemerintahan Jokowi -JK sudah banyak memberikan kontribusi terhadap bangsa Indonesia termaksud angka pengangguran, ketimpangan dan kemiskinan yang semakin hari semakin menurun,” ucapnya.

 

Kuliah umum ini turut dihadiri Bupati Poso Darmin Sigilipu, Wakapolres Poso Kompol Gede Swara, Kepala Kemenag Poso Makmur Muhammad Arief, Rektor Unsimar Kisman Lantang, Ketua III STAI Poso Ibrahim Ismail, para dosen STAI dan tamu undangan lainnya.

 

Tak hanya itu, kuliah umum ini juga dihadiri 300 mahasiswa dari Kampus STAI Poso, Unsimar dan kampus Sekolah Tinggi Teologi (STT) Tentena.

 

Ketua III STAI Poso Ibrahim Ismail dalam sambutanya mengatakan, jika dengan kehadiran Menteri Ketenagakerjaan RI diharapkan dapat membuka mata penjuru dunia bahwa wilayah Poso adalah daerah yang sangat menjunjung tinggi kedamaian.

 

Menurut Ibrahim Ismail, kampus STAI Poso didirikan atas semangat nasionalisme ditengah-tengah konflik yang sempat terjadi di tanah Poso.

 

Dimana perkembangan dunia dan arus globalisasi serta modernisasi membangkitkan semangat berbangsa melalui generasi muda melalui ilmu alam, ilmu sains dan jiwa patriotisme yang potensial terutama di Poso hingga masa depan Indonesia ada dipundak para generasi muda.

 

Bupati Poso, Darmin Sigilipu menyampaikan, sangat menaruh harapan besar semoga dengan kehadiran Menteri dapat mengubah pandangan buruk soal wilayah Poso dimata dunia.

 

Kata Darmin, jika persoalan ketenangakerjaan adalah masalah yang hampir terdapat di semua daerah, dikarenakan jumlah penduduk yang banyak, namun lapangan kerja yang tidak sebanding.

 

Sementara Poso sendiri mempunyai potensi alam yang sangat mumpuni, hanya saja Sumber Daya Manusia (SDM )masyarakat yang perlu ditingkatkan lagi untuk mengelolanya.

Usai kuliah umum dilanjutkan dengan kegiatan konser kemanusiaan peduli Gempa, Tsunami dan Likuifaksi di Sulteng. Bupati Darmin bersama Menteri kemudian bernanyi bersama dari atas panggung. SYM

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.