Perekat Rakyat Sulteng.

Hari Terakhir Kampanye, Akun Medsos Wajib Ditutup

20

SULTENG RAYA – Akun  media sosial (medsos) peserta Pemilu yang didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU), wajib ditutup pada hari terakhir masa kampanye.   Hal itu ditegaskan Ketua Bawaslu Sulteng Ruslan Husen saat menjadi narasumber pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pengawasan partisipatif pemilihan umum di Lokasi Pemancingan Nagaya, Desa Kotapulu, Dolo, Kabupaten Sigi, Selasa (4/12/2018).

Menurut Ruslan Husen, aturan itu sesuai dengan Perbawaslu No. 28 tahun 2018 tentang pengawasan kampanye Pemilu. Sementara itu, terkait dengan akun medsos pribadi yang tidak didaftarkan di KPU sifatnya bebas.

“Jadi, akun yang sifatnya pribadi itu bebas, bisa memuat gambar ataupun stiker tentang peserta pemilu,”Katanya.

Pada kesempatan itu, Ruslan juga mengingatkan agar pihak-pihak yang seharusnya netral seperti ASN maupun penyelenggara pemilu dilarang like, komentar serta memberikan dukungan kepada peserta Pemilu. Jika hal itu ditemukan, maka bisa dilaporkan dan berpotensi melakukan pelanggaran Pemilu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi Steny Mariny Pettalolo, pada kesempatan itu, mengajak kepada peserta FGD untuk bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif terhadap Pemilu 2019. Dia mengatakan, jika ada potensi pelanggaran pemilu, maka masyarakat harus melaporkan kepada Bawaslu.

Karena kata dia, jumlah personil Bawaslu belum memadai untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh. Olehnya, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. Menurutnya, pelaksanaan fungsi pencegahan dan penindakan pelanggaran Pemilu oleh jajaran pengawas Pemilu sangat ditunjang oleh partispasi masyarakat maupun Stakeholder pemilu.

Kegiatan FGD pengawasan partisipatif pemilihan Umum tersebut dihadiri puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan Bawaslu Sulteng, Bawaslu Sigi, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sigi, Satpol PP, Aparat Desa, Organisasi Kepemudaan, Perkumpulan Indonesia Memilih (PIM), media massa serta tokoh masyarakat. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.