Perekat Rakyat Sulteng.

Bawaslu Gandeng Masyarakat Awasi Pemilu

21

SULTENG RAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Morowali, menggelar sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu partisipatif kepada masyarakat di aula Wisata Laut Kelurahan Tofoiso, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (29/11/2018).

Ketua Bawaslu Kabupaten Morowali, Mahfud Supu mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan program kerja dari Bawaslu Kabupaten Morowali untuk mengajak masyarakat dalam mengawasi pemilu agar dapat berjalan bersih dan berkualitas.

“Dalam konstitusi, masyarakat diberikan ruang tidak hanya berpartisipasi dalam bilik suara, tetapi juga diberi ruang untuk berpartisipasi untuk mengawasi setiap tahapan¬†pemilu legislatif dan pilpres,” jelasnya.

Dikatakannya, salah satu bentuk partisipasi adalah, dimana masyarakat diminta untuk melaporkan bila menemukan adanya indikasi pelanggaran dalam setiap tahapan dalam penyelenggaran pemilu yang menjadi kewenangan Bawaslu untuk menindaklanjuti laporan. “Untuk membantu kedudukan Bawaslu, kita melibatkan peran masyarakat untuk melakukan pengawasan. Selain itu, sebagai tindakan menciptakan kredebilitas pemilu sesuai peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Diketahui, sosialisasi itu dilaksanakan sebagai wadah pengetahuan yang diisi dalam beberapa sesi yang diawali dengan pemaparan materi, serta dilanjutkan dengan tanya jawab dari para peserta kepada pemateri.

Kegiatan itu dihadiri oleh Tim Asistensi Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, Randy Atma R Masi, sedangkan peserta terdiri dari berbagai lembaga dan masyarakat di wilayah Kabupaten Morowali.BMG

Leave A Reply

Your email address will not be published.