Perekat Rakyat Sulteng.

Peduli Kebersihan, Pemuda Buol Aksi Bersih di Pantai

36

SULTENG RAYA – Salah satu komunitas yang peduli dengan lingkungan hidup di Kabupaten Buol, menggelar edukasi pengelolaan sampah yang dilaksanakan di sejumlah sekolah di daerah tersebut.

Sekumpulan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Green Fun Trash Education ini, mengajak siswa-siswi untuk turun langsung dan merealisasikan kepedulian terhadap lingkungan, dengan malakukan gerakan bersih-bersih memungut sampah di area pantai Kelurahan Kali dan sekitarnya, Ahad (25/11/18).

Moh Vebryan selaku panitia dalam kegiatan tersebut, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pemahaman kepada pelajar dan generasi muda, terkait dampak serta bahaya dari lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemutaran film berdurasi pendek yang bertemakan permasalahan mengenai sampah dan penanganannya, terutama pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang masih menjadi permasalahan serius di berbagai daerah.

“Dalam kegiatan yang digelar pada hari Minggu kemarin, kami juga menyiapkan fasilitator yang memberikan panduan mengenai kreatifitas dan cara pengolahan sampah, seperti sampah plastik, kertas hingga kaleng bekas yang dapat dijadikan bentuk kreasi yang bermanfaat,” ujar Vebryan saat dikonfirmasi Sulteng Raya, Selasa (27/11/2018).

Sementara, kegiatan bersih-bersih sampah yang sudah dilaksanakan oleh komunitas Green Fun Trash tersebut, mendapat apresiasi dari warga masyarakat yang ada di sekitar pantai Kelurahan Kali.

“Ini adalah aksi memungut sampah secara massal, dan yang pertama kalinya dilakukan di area pantai kami,” jelas Dwi Rahayu, warga Kelurahan Kali kepada Sulteng Raya, Selasa (27/11/2018).

Dwi Rahayu menambahkan, kegiatan tersebut merupakan wujud keprihatinan generasi muda yang masih peduli dengan kebersihan, dan miris pada kondisi lingkungan pantai yang kotor dan semrawut.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi perhatian dan bisa direspon positif oleh pemerintah daerah melalui instansi terkait, agar menjadi contoh yang baik untuk disosialisasikan sehingga menjadi kegiatan yang baik dan berkelanjutan,” harapnya.FAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.