Perekat Rakyat Sulteng.

SMPN 15 Palu Selenggarakan Kejuaraan Volly Putra

19

SULTENG RAYA – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15 Palu menyelenggarakan Kejuaraan volly putra tingkat SMP se Kota Palu. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan itu, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para siswa, serta menghilangkan trauma para peserta didik terhadap bencana yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 15 Palu, Abdul Rasyid, saat ditemui Sulteng Raya, Senin (26/11/2018).

Dia menuturkan, sampai saat ini masih ada sekitar 20 persen siswa SMPN 15 Palu yang belum masuk sekolah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi siswa untuk kembali bersekolah, mengingat ujian semester sudah tidak lama lagi akan dilaksanakan. Sehingga, para siswa dapat mengejar ketertinggalan pelajaran.

“Melalui kegiatan ini juga menjadi ajang bagi siswa untuk mengasah kembali bakat yang mereka miliki khususnya dibidang olah raga volly ball, sehingga nantinya mereka dapat mengukir prestasi di bidang olah raga volly yang tentunya dapat membangkan dan mengharumkan nama daerah,”jelasnya.

Kegiatan oleh raga seperti ini, kata dia, sangat efektif untuk mengobati trauma yang dirasakan oleh peserta didik. Sebab, keseruan dan fokus mereka saat latihan dan bertanding dapat membuat mereka lupa dengan trauma yang ada dalam pikiran mereka. Bahkan, kegiatan ini kerap mengundang tawa an sorak yang semakin membuat siswa lupa dengan pengalaman mereka saat gempa yang menjadi rasa trauma dalam jiwa.

Selain itu, kata dia, kegiatan seperti ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh kelas olah raga SMPN 15 Palu. Dimana tahun sebelumnya juga dilaksanakan berbagai cabang lomba, namun tahun ini hanya mengikutkan satu cabang lomba yakni volly, dengan berbagai alasan, terutama sarana prasarana yang paling memungkinkan untuk melaksanakan lomba yaitu volly bal, selain itu penggemar olah raga volly bal di SMPN 15 Palu jumlahnya sangat banyak.

Sementara itu, kata dia, peserta kejuaraan volly SMPN 15 Palu tahun ini hanya diikuti empat sekolah yakni, SMPN 15 Palu, SMPN 14 Palu, SMPN 10 Palu, dan SMPN 1 Palu. Pihaknya, juga mengundang beberapa sekolah agar turut berpartisipasi mengikuti lomba, namun masih belum bisa berpartisipasi karena sebagian besar peserta didiknya masih berada diluar Kota Palu.

“Untuk itu, meskipun kegiatan ini hanya diikuti oleh empat sekolah. Tetapi, tetap tidak mengurangi semangat para peserta lomba untuk berkompetisi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa, terlebih khusus bagi kondisi psikologi sosial siswa,”tuturnya.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.