Perekat Rakyat Sulteng.

Tangkap Pelaku Sabu, Kapolsek Palu Utara Dibacok

38

SULTENG RAYA – Aparat Satuan Narkoba Polres Palu dibantu aparat Polsek Palu Utara, kembali menangkap tiga pelaku sabu masing-masing G, As dan An alias Man.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto melalui Paur Subbag Humas, Aipda I Kadek Aruna mengatakan, ketiga pelaku sabu tersebut diamankan saat aparat melakukan penggeledahan di rumah bandar sabu An alias Man di Kelurahan Kayumalue Ngapa, Kecamatan Palu Utara, Jumat (23/11/2018).

Dikatakannya, saat melakukan penangkapan dan penggeledahan pelaku An yang merupakan target operasi (TO), melakukan perlawanan menggunakan senjata tajam jenis badik yang mengakibatkan Kapolsek Palu Utara, Iptu Laata terkena luka sabetan badik alias dibacok di bagian dahi.

Atas perlawanan itu, petugas melakukan tindakan dengan melumpuhkan An dengan cara menembak di bagian kaki kanan, sehingga yang bersangkutan mengalami luka tembak di bagian kaki kanan dan punggung, selanjutnya diamankan dan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu untuk dilakukan perawatan.

Sementara, dari hasil penangkapan yang dipimpin Kasat Narkoba Polres Palu, Iptu Stefanus Sanam dan Kapolsek Palu Utara, Iptu Laata, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti di TKP diantaranya, 2 paket sabu, 2 unit HP, 3 buah timbangan, 4 buah dompet, 3 pak plastik klip, 2 mercon, 2 unit mobil, 4 buah korek api gas tanpa kepala, 7 buah sendok yang terbuat dari pipet plastik, 1 buah karet dot, 2 buah pirek kaca yang tersambung dengan karet dot, 2 buah tutup bong, 3 buah ketapel, 3 buah parang, 3 buah badik, 1 buah kampak, 1 buah camera CCTV, 1 buah monitor, 1 kalung warna kuning, 1 buah jimat, 1 unit motor dan uang tunai Rp19.324.000.

“Tersangka dan barang bukti diamankan di Mako Polres Palu untuk proses penyelidikan,” kata Paur Subbag Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna kepada Sulteng Raya, Jumat (23/11/2018).

Sebelumnya, Satuan Reserse Narkoba Polres Palu, telah menangkap tiga pelaku sabu, Selasa (20/11/2018) malam. Dari penangkapan itu, polisi mengamankan uang tunai sebanyak Rp500 juta.

Kapolres Palu, AKBP Mujianto melalui Kasat Narkoba, Iptu Stefanus Sanam mengatakan, penangkapan tiga pelaku sabu-sabu itu berlangsung di sebuah salon, Kelurahan Kayumalue Pajeko, Kecamatan Palu Utara.

“Tiga pelaku yang ditangkap itu masing-masing berinisial FS alias EK (33), SM (24), dan PR (32). Penangkapan ketiga pelaku itu berkat hasil penyelidikan aparat di lapangan setelah menerima informasi dari warga,” kata Iptu Stefanus Sanam didampingi Paur Subbag Humas Polres Palu, Aipda I Kadek Aruna saat merilis ketiga pelaku beserta dengan barang bukti di Mapolres Palu, Rabu (21/11/2018).

 

Dari penangkapan tersebut, polisi menyita lima paket sabu-sabu seberat 2,13 gram broto, satu alat hisap, dua telepon genggam, satu macis gas, sebuah timbangan digital, satu pak plastik kecil pembungkus sabu-sabu, dan uang tunai Rp100 ribu.

Selanjutnya, anggota di lapangan melakukan pengembangan dari penangkapan itu, dimana anggota satuan Narkoba Polres Palu bersama anggota Polsek Palu Utara melakukan penggerebekan di rumah FC yang diduga bandar namun yang bersangkutan tidak ditemukan. Namun, anggota di lapangan hanya menemukan barang bukti uang senilai Rp500 juta di rumah FC.

“Saat ini tersangka dan barang bukti telah diamankan di Mako Polres Palu. Kasus tersebut masih dalam proses pengembangan,” tegasnya.

Sementara, ketiga pelaku kini dijerat dengan Pasal 114 ancaman paling singkat 5 tahun paling lama 20 tahun dan subsider 112 ayat 1 ancaman paling singkat 4 tahun paling lama 12 tahun Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.YAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.