Perekat Rakyat Sulteng.

Lelang Jabatan Tokoh Pemuda Buol Apresiasi Bupati 

57

SULTENG RAYA – Salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Boul, Moh Rizal Masdul mengapresiasi Bupati Buol, dr. H. Amirudin Rauf yang melakukan lelang jabatan untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintahan Buol sejak Senin (12/11/2018) hingga Selasa (13/11/2018).

Langkah bupati tersebut dinilai sebagai upaya untuk menata birokrasi, memperbaiki peningkatan kinerja, demi kemaslahatan dan kepentingan masyarakat, serta untuk merubah mindset masyarakat yang selama ini kurang responsif terhadap keadaan kepemimpinannya, sehingga melakukan gerakan perubahan secara terstruktur, agar reformasi birokrasi  di daerah itu dapat diwujudkan.

Hanya saja kata Rizal, jangan sampai lelang jabatan itu hanya  sekedar seremoni alias formalitas, sebab besar harapan masyarakat Kabupaten Buol kepada Bupati Amirudin Rauf untuk merubah dan memperbaiki kabupaten paling ujung Sulawesi Tengah itu.

Karena melalui lelang jabatan itu, masyarakat mengharapkan terjaminnya orang-orang yang profesional dan kompeten terpilih, sesuai dengan standar kompetensi jabatan, sekaligus memperkecil potensi KKN, karena dilakukan secara transparan, menggunakan indikator tertentu, dan dilakukan oleh assessment centre.

Bukan hanya profesional kata Rizal, namun juga mempunyai rekam jejak yang baik dimasa lalu. “Jika dilakukan dengan benar, akan melahirkan orang-orang bersih, karena jelas rekam jejaknya,” kata Rizal, Rabu (21/11/2018).

Menurut akademisi Unismuh Palu itu, lelang jabatan ini mendorong persaingan yang sehat dikalangan ASN, dimana semua ASN yang merasa mampu dan memenuhi syarat akan berlomba-lomba untuk mengikuti  lelang jabatan.

“Tidak ada lagi istilah siapa dekat itu dapat, atau sistem keluarga, jika memiliki hubungan kekerabatan dengan bupati akan mudah mendapatkan posisi jabatan tinggi. Pejabat yang dihasilkan dari proses lelang Jabatan akan merasa bangga, lebih berwibawa dan merasa diri mereka sebagai kelompok elite baru yang berkualitas lebih disanding yang lain dan lebih menjaga performa kerjanya selalu tampil baik, lebih disiplin, lebih kreatif dan lebih bersih,” jelas Rizal.AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.