Perekat Rakyat Sulteng.

Polisi di Buol Dilatih Operasikan Water Canon

59

SULTENG RAYA – Jajaran personel di Satuan Sabhara Polres Buol dilatih mengoperasikan Armor Water Canon (AWC), Rabu (14/11/2018).

 

Kapolres Buol, AKBP Budi Priyanto melalui Kasat Shabara, Iptu Herry Jonie mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk melatih seluruh personel Sabhara dalam pengoperasian AWC, agar mampu mengoperasikan tata cara dalam penggunaan kendaraan tersebut, serta kesiagaan personel yang siap setiap waktu, terutama dalam mengantisipasi kondisi dan siatuasi darurat, seperti demonstrasi massa hingga membantu pemadam kebakaran milik pemerintah daerah jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

 

“Karena memang tidak semua personel Sabhara memahami tata cara pengoperasian AWC, maka kegiatan ini dilakukan untuk memberikan latihan dan praktek langsung kepada anggota kami terkait pengoperasian kendaraan yang ini,” kata Herry Jonie saat dikonfirmasi Sulteng Raya usai latihan, Rabu (14/11/2018).

 

Sementara, instruktur pelatihan AWC, Kanit Obvit, Bripka M Hafit kepada Sulteng Raya menjelaskan bahwa, dalam pengoperasian kendaraan AWC ini dibutuhkan tim yang idealnya terdiri dari enam personel atau minimal lima anggota tim yang bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing, seperti posisi driver dan operator pengarah yang berperan dalam mengarahkan titik arah tembakan, yang perintahnya terhubung langsung dengan sistem komputer pada tombol-tombol yang ada di table operator. 

 

“Karena pengoperasian AWC ini bukan lagi dioperasikan secara manual, maka diharapkan personel Sabhara dapat benar-benar memahami fungsi dari masing-masing tombol yang ada di meja operator pada kendaraan tersebut,” jelas Bripka M Hafit. 

 

Kegiatan yang berlangsung di halaman Mapolres Buol itu, diikuti dengan antusias oleh seluruh personel Satuan Sabhara di jajaran Polres Buol, sejak awal kegiatan digelar hingga pelatihan usai dilaksanakan.FAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.