Perekat Rakyat Sulteng.

Ditjen PAS Apresiasi Napi Lapas Petobo

38

SULTENG RAYA – Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Sri Puguh Budi Utami mengapresiasi Narapidana (Napi) yang punya itikad baik menyerahkan diri ke lapas petobo Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah pasca tanggap darurat bencana yang ditetapkan Pemerintah Daerah (Pemda).

Hal itu dia sampaikan saat melakukan agenda dialog dengan para tahanan kelas II A di Lapas Petobo dalam kunjungannya ke Kota Palu, Sabtu (27/9/2018). Niatan baik itu, kata dia,  nantinya akan mendapatkan penghargaan berupa remisi masa tahanan.

“Mereka membuktikan bahwa kesadaran hukum tinggi dengan pulang ke lapas secara sukarela. Nantinya saya akan melaporkan ini kepada pimpinan untuk kemudian memberikan pengurangan hukuman,” katanya.

Sri Puguh Budi Utami juga mengimbau kepada seluruh napi yang belum menyerahkan diri untuk segera datang dan menjalankan sisa masa tahanan sebelum tanggal 30 Oktober 2018.

“Jika belum datang pada tanggal itu, maka akan diserahkan kepada pihak berwajib dan dikategorikan sebagai DPO,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pasca bencana gempa 7,4 SR, tsunami dan likuifaksi di Palu Sigi Donggala (Pasigala), jumlah tahanan di lapas petobo berjumlah 1670 orang, dan sampai saat ini napi yang menyerahkan diri sudah mencapai 1093.

RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.