Perekat Rakyat Sulteng.

Kota Palu Semakin Pulih dan Kondusif

43

SULTENG RAYA – Kondisi Kota Palu kini semakin kondusif, pascagempa, tsunami dan likuifaksi beberapa waktu lalu, yang melumpuhkan perekonomian ibu kota Provinsi Sulteng tersebut.

Memasuki pekan keempat pascagempa, sejumlah pusat jajanan mulai berjualan, masyarakat telah melakukan aktifitas transaksi ekonomi hingga sosial, contohnya di Lapangan Vatulemo Kota Palu.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Kota Palu berangsur meninggalkan rasa traumatiknya terhadap bencana yang meluluhlantakkan Kota Palu dan sekitarnya.

Secercah harapan hadir dan melebihi ekspektasi dari masyarakat dan pengamat yang menyebutkan Kota ini akan pulih dalam waktu yang cukup lama.

Salah seorang warga, Ardi mengungkapkan bahwa rasa aman untuk melakukan aktifitas telah dirasakannya saat melihat para pelaku usaha mikro telah berjualan. Pasalnya, ketika pusat jajanan telah menggeliat, maka kata dia, disitulah tempat keramaian.

“Sudah cukup infrastruktur yang diluluhkantakan bencana, rasa trauma hingga psikologis kita harus pulih layaknya para penjual somay yang telah berjualan disini. Kalau seperti ini, saya yakin Kota Palu yang kita cintai ini akan pulih lebih cepat melebihi ekspektasi para ahli,” tuturnya kepada Sulteng Raya, Rabu (24/10/2018).

Hal senada juga disampaikan seorang warga, Zulfianthy, menurutnya masyarakat Kota Palu yang pergi meninggalkan daerah ini sudah harus mengemasi barang-barang dan kembali melakukan aktifitasnya di sini, baik para pelaku usaha maupun pegawai kantoran.

“Kalau so banyak orang jualan dan pegawai sudah masuk kantor, duka ini pasti akan segera berakhir. Menghilakan tangisan bukan berarti melupakan, tetapi bagaimana kita menjadikan tragedi naas itu sebagai sebuah pelajaran untuk kedepan yang lebih baik, Palu kuat!!!,” katanya.

RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.