Perekat Rakyat Sulteng.

JK Puji Pidato Trump di PBB

24

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memuji pidato yang disampaikan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dalam sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, pada Selasa (25/9/2018).

Sebagai wakil delegasi Indonesia dalam sidang PBB, JK menilai pidato Trump kali ini lebih baik dan komunikatif dibandingkan tahun lalu.

“Pidato Trump jauh lebih tenang dari biasanya,” ujar JK melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com.

Menurut JK, meski membahas sejumlah kebijakan yang menuai kontroversi, JK tetap menganggap Trump lebih tenang dari biasanya.

“Karena ada orang mengatakan kalau Amerika batuk, dunia bisa flu kan. Hari ini dia tenang, jadi kita tenang juga,” katanya.

Trump menyampaikan pidato di hadapan 192 pemimpin negara anggota lain dalam sidang Majelis Umum PBB kemarin. Ia mendapat urutan ketiga setelah Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Gutteres, dan Presiden Brasil, Michel Temer.

Dalam pidatonya, Trump mengatakan AS menganut patriotisme atau cinta tanah air dan menolak segala bentuk globalisme.

Pernyataan itu diutarakan Trump untuk menegaskan sikap kontroversial AS yang cenderung semakin proteksionis di bawah kepemimpinannya.

Kebijakan itu dapat tercermin mulai dari penerapan tarif dagang bagi sejumlah negara terutama China, hingga keputusannya menarik AS keluar dari sejumlah organisasi internasional termasuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR).

Trump juga membanggakan pemerintahannya yang baru dua tahun bekerja tapi sudah menggapai banyak pencapaian, mulai dari urusan dalam negeri hingga global.

“Dalam waktu kurang dari dua tahun, pemerintahan saya sudah mendapatkan pencapaian lebih banyak dari hampir semua pemerintahan dalam sejarah negara ini. Sangat benar,” ujar Trump disambut gelak tawa seisi ruang rapat PBB.

Tampak terkejut melihat reaksi Majelis Umum PBB, Trump lantas berkata, “Saya tidak menyangka reaksi seperti itu, tapi tak apa.” CNN/RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.