Perekat Rakyat Sulteng.

Mantan Napi Korupsi, DPC PDIP Poso Cabut Satu Berkas Calegnya 

1.069

SULTENG RAYA-Satu Calon Legislatif (Caleg) Dapil 4 Kabupaten Poso dari PDI Perjuangan terpaksa ditarik berkasnya oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Poso dari KPU setempat, setelah menerima surat instruksi dari DPP PDI Perjuangan tanggal 5 September 2018 untuk menarik berkas pencalonan anggota DPRD Kabupaten/Kota/Provinsi dan DPR-RI yang terindikasi perna terkena pidana kasus korupsi.

“Sebagai bentuk komitmen PDI Perjuangan dalam hal pemberantasan korupsi, maka kami menarik berkas pencalonan saudara Idrus Taji dari pencalonan anggota DPRD Kabupaten Poso dari dapil 4,”kata Ketua DPC Kabupaten Poso Fredik Torunde, Rabu (19/9/2018).

Fredik mengaku setelah penetapan DCS baru mengetahui jika salah satu bakal calon dari partainya bernama Idrus Taji perna tersandung kasus korupsi Jaduk 2003, dan terbukti bersalah dan dipidana 1 tahun hukuman percobaan.

Namun kata Fredik, sebelum ada surat insruksi dari DPP PDI Perjuangan. Pihaknya sempat melakukan gugatan ke Bawaslu, karena KPU sempat tidak memasukan Idrus Taji ke  DCS, namun karena adanya keputusan MA jika calon dari mantan narapidana korupsi dapat masuk sebagai calon anggota legislatif, maka pihaknya melakukan gugatan ke Bawaslu dan dinyatakan menang.

“Awalnya memang KPUD Poso sudah tidak memasukan namanya di DCS, namun kami menggugat atas dasar keputusan MA, dan kami menang, namun setelah adanya instruksi dari DPP, tentu kami harus tunduk atas instruksi itu, sebagai bentuk komitmen dalam pemberantasan korupsi,”jelasnya. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.