Perekat Rakyat Sulteng.

KPU Tunda Pendataan DPT di Poso

37

SULTENG RAYA – Rapat pleno penetapan perbaikan atau pendataan daftar pemilih tetap (DPT) ditunda oleh KPU Poso, Kamis (13/9/2018).

Penundaan ini ternyata dikeluhkan oleh sejumlah pengurus partai politik (Parpol) yang hadir pada kegiatan tersebut. Bahkan mereka menyatakan kalau berbagai problem terakait data pemilih yang dilakukan KPU Poso saat ini terdapat banyak masalah.

Seperti yang disampaikan David Mogadi, dimana dirinya sebagai seorang bakal calon legislatif (Bacaleg) yang diusung oleh salah satu parati politik di Poso, justru namaya tidak ada dalam daftar pemilih tetap yang dirilis KPU Poso. Bahkan ironisnya lagi, nama Lurah Sayo pun tidak termasuk dalam daftar pemili tetap yang dirilis KPU Poso.

Usai pihak-pihak tersebut mempertanyakan kepada KPU Poso, sehari kemudian nama-nama tersebut dirilis kembali oleh KPU Poso. “Saya sempat marah kepada pihak KPU Poso, tetapi tadi diperlihatkan kalau nama saya sudah terdaftar di TPS III Kelurahan Kasiguncu,” kata David.

Sementara, terkait penundaan proses penetapan hasil perbaikan pemilih tetap, Ketua KPU Poso, Budiman Maliki yang ditemui Sulteng Raya mengatakan, langkah penundaan lebih pada upaya untuk lebih cermat dalam mengakses data yang ada. “Ini bagian dari prinsip kehati-hatian, apalagi ini menyangkut data orang,” tegas Budiman.

Selain itu kata Budiman, penundaan ini juga terkait dengan adanya kendala teknis terkait data-data yang harus disinkronkan yang kemudian harus diakses ke sistem yang digunakan KPU yakni, sistem Sidali Portal.

Ditambahkanya, saat ini KPU Poso masih harus mencermati adanya data ganda, baik hasil penecermatan yang dilakukan oleh KPU sendiri, masukan dari pihak Bawaslu Poso, data dari Dukcapil Poso, serta hasil pendataan baru dari pihak PPK yang juga hadir dalam pertemuan rapat pleno tersebut.

“Dari data tersebut akan kita input ke sistem, inilah kami banyak mendapat  berbagai kendala termasuk waktu yang sangat singkat,” jelas Budiman.

Namun demikan, Budiman menyatakan, walaupun durasi waktu yang diberikan hingga Kamis (13/9/2018) tengah malam pukul 24:00 wita, dirinya optimis proses penetapan perbaikan daftar pemilih tetap ini akan tetap dituntaskan.SYM

Leave A Reply

Your email address will not be published.