Perekat Rakyat Sulteng.

91 Warga Donggala Diduga Mengidap HIV/AIDS

Paling Banyak IRT

45

SULTENG RAYA – Sebanyak 91 warga di Kabupaten Donggala diduga positif mengidap HIV/AIDS.

Hal itu berdasarkan data yang dirilis oleh Kolaborasi Seni untuk Kemanusiaan atau Komunitas peduli HIV dan Aids.

“Donggala 91 kasus,” kata Koordinator Kolaborasi Seni untuk Kemanusiaan, Riki kepada Sulteng Raya di Palu, Kamis (13/9/2018).

Dia menjelaskan, angka 91 untuk wilayah Donggala itu dihitung terakhir sejak Mei 2018. Dimana dari jumlah 91 itu, paling banyak yang mengidap adalah ibu rumah tangga (IRT) di Donggala.

Selain di Donggala, ibu rumah tangga yang terjangkit HIV/AIDS itu juga terdapat di tujuh daerah di Sulteng.

“Ranking tujuh wilayah total kumulatif kasus tertinggi di Sulteng sejak 2002 sampai Mei 2018. Palu 954 kasus, Banggai 178 kasus, Poso 163 kasus, Sigi 142, Parimo 133, Donggala 91 dan Morowali 66 kasus,” jelasnya.

Sementara, pada Jumat (14/9/2018) malam ini, pihaknya bersama organisasi peduli HIV/AIDS akan menggelar acara dialog informal terbuka dan Sharing Session di warkop Aweng Jalan Samratulangi Palu, dengan menampilkan seni dan bazar musik serta berbagi kisah inspiratif.

“Insiator kegiatan adalah kelompok seni untuk kemanusiaan (KSK) sampesuvuku Sulteng bersama para seniman pegiat kemanusiaan,” ujarnya.

Diketahui, HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS, dimana jika anda terinfeksi HIV, anda akan dikatakan sebagai HIV positif.

HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, yang mana adalah pertahanan tubuh terhadap penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang telah dirusak oleh virus, maka akan mengembangkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini berarti mereka akan mendapatkan infeksi dan penyakit yang mana tubuh mereka biasanya bisa melawan.TUR

Leave A Reply

Your email address will not be published.