Perekat Rakyat Sulteng.

Jelang Kampanye Pemilu 2019, KPU Koordinasi Lokasi APK ke Pemda

52

SULTENG RAYA – Menjelang pelaksanaan kampanye pemilu 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol mulai melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat, terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) oleh partai politik (Parpol).

Sekretaris KPU Buol, Moh Rusli D Ali mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan masing-masing Camat di 11 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Buol, untuk kemudian dikomunikasikan dengan Pemda tentang lokasi pemasangan APK yang dibolehkan sesuai aturan yang berlaku.

“Hal ini harus kami koordinasikan dengan jajaran pemerintah daerah, sesuai petunjuk teknis dari KPU RI tentang fasilitasi APK peserta Pemilu yang meliputi lokasi pemasangan atribut partai dalam masa tahapan kampanye,” ujar Moh Rusli kepada Sulteng Raya, Kamis (13/9/2018).

Moh Rusli juga menambahkan, adapun juknis yang nantinya akan disampaikan kepada seluruh parpol mengenai pemasangan APK diantaranya, dengan mempertimbangkan unsur-unsur etika, estetika, kebersihan, keindahan serta keamanan.

Disisi lain lanjutnya, ada beberapa tempat dan lokasi yang tidak boleh digunakan sebagai tempat pemasangan APK yaitu, sarana dan prasarana publik seperti rumah ibadah, rumah sakit, lembaga pendidikan (Gedung dan halaman sekolah) serta fasilitas gedung perkantoran milik pemerintah.

“Sementara untuk perawatan dan pemeliharaan APK yang sudah terpasang, diserahkan sepenuhnya kepada tiap-tiap parpol dan merupakan tanggung jawab dari tim masing-masing parpol peserta pemilu tersebut,” jelasnya.FAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.