Perekat Rakyat Sulteng.

SMPN 18 Palu Bimtek Pengimbasan PPK

36

SULTENG RAYA – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 18 Palu melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengimbasan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang diikuti seluruh guru dan staf administrasi SMPN 18 Palu.

Bimtek tersebut menghadirkan Fasilitator Daerah (Fasda) terbaik tingkat nasional, Karniyani sebagai narasumber. Kegiatan dilaksanakan di salah satu ruangan SMPN 18 Palu, Kamis (13/9/2018).

Kepala SMPN 18 Palu, Kisman Rumu, mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden (Pepres) nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pembinaan Karakter (PPK), sekolah diharapkan menjadi garda terdepan dalam mengimplementasikan hal tersebut. Mengingat, kondisi Indonesia saat ini sudah mulai tergradasi oleh perkembangan yang mengakibatkan rusaknya mental dari generasi-generasi penerus bangsa.

“PPK itu diharapkan dapat menjawab problem yang sedang dihadapai Indonesia saat ini. PPK merupakan realisasi dari nawacita Presiden RI dan program revolusi mental. Untuk itu, demi mewujudkan generasi emas ditahun 2.045, semua pihak terkait harus memahami dan melaksanakan PPK tersebut terutama di lingkungan sekolah,”kata Kisman saat ditemui Sulteng Raya, Kamis (13/9/2018).

Bimtek pengimbasan PPK ini, kata dia, merupakan salah satu upaya SMPN 18 Palu dalam mengimplementasikan amanah dari Pepres tersebut. Mengingat, guru dan pengelola pendidikan di SMPN 18 Palu sebagai penyelenggara pendidikan harus memahami terlebih dahulu mengenai PPK tersebut. Dengan begitu, mereka dapat mengimplementasikannya dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar setiap harinya.

Lanjutnya, dalam Bimtek ini banyak materi yang diberikan kepada guru dan para staf administrasi sebagai penyelenggara pendidikan di SMPN 18 Palu. Terutama bagaimana pengintegrasikan PPK dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Untuk itu, sangat dibutuhkan guru-guru yang berkarakter yang dapat dijadikan contoh bagi peserta didik.

“Mengingat pentingnya Bimtek ini, semua guru saya wajibkan bahkan tata usaha untuk mengikutinya. Sehingga, semua dapat memahami program PPK tersebut. Dengan begitu, sebagai pemimpin di sekolah, saya akan sangat mudah merealisasikan program tersebut di SMPN 18 Palu,”terangnya.

Dia berharap, segala upaya yang telah dilakukan dapat membuahkan hasil yang positif. Sehinga, PPK dapat terimlementasi dengan baik di SMPN 18 Palu, demi melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan dalam pembangunan daerah. Bagimana tidak, pintar saja tidak cukup untuk membawa perubahan, tetapi karakter merupakan sesuatu yang harus dimiliki. Sehingga, kepintaran yang dimiliki oleh generasi penerus bangsa dapat digunakan  pada hal-hal yang positif.ADK

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.