Perekat Rakyat Sulteng.

Stok Urea Subsidi Aman Hingga Akhir Tahun

17

SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) memastikan stok pupuk urea subsidi yang jadi kebutuhan utama petani di Sulteng tetap aman hingga akhir tahun 2018.

Menurut data bulan September 2018 oleh PT Pupuk Kaltim, realisasi pendistribusian pupuk urea subsidi hampir mencapai ambang batas realisasi, ditinjau dari presentasenya sebanyak 83 persen diseluruh Kabupaten/Kota di Sulteng.

Hal ini, tentunya menimbulkan kekhawatiran terhadap ketersediaan pupuk subsidi yang tersisa sekitar 17 persen namun masih 3 bulan masa tanam sepanjang tahun 2018.

Namun demikian, sesuai dengan data dan distribusi yang rutin dilakukan dinas terkait, menyebutkan bahwa setiap tahunnya tidak ada tambahan atas stok pupuk petani tersebut.

Kepala Dinas TPH Sulteng, Trie Iriany Lamakampali saat ditemui Sulteng Raya di kantornya Jalan Kartini Kota Palu, Rabu (12/9/2018) menjelaskan bahwa setiap tahunnya pendistribusian pupuk tidak melebihi dari 100 persen.

“Yang perlu dipahami bahwa namanya subsidi, itu sudah teralokasi sesuai porsi dan 30 sampai dengan 40 persen dari luas areal potensial secara nasional sampai ditingkat daerah,” tuturnya.

“Sepanjang sejarah distribusi pupuk subsidi, tidak pernah melebihi 100 persen tiap tahun, selalu ada di angka 97 sampai dengan 100 persen. Jadi bisa dipastikan aman di sisa 3 bulan masa tanam.  Urea tersalur dengan baik untuk petani berbagai sektor  komoditas pangan, nantinya juga disetiap alokasi yang lebih, mungkin disalah satu kabupaten, bisa diberikan ke kabupaten yang masih membutuhkan,” ujarnya menambahkan.

Dikatakannya, pemerintah juga telah mengantisipasi jika sewaktu-waktu adanya peningkatan penggunaan pupuk subsidi oleh petani dengan mengajukan kepada pemerintah pusat terkait alokasi tambahan pupuk urea.

“Kita juga telah menyuarakan ke pusat, meminta sedikit ada tambahan buat Sulteng. Mengingat, beberapa program kita juga ada pembelian pupuk yang bukan non subsidi tetapi di subsidi untuk petani,” katanya. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.