Perekat Rakyat Sulteng.

Pemkab Sigi Sosialisasi Pembentukan LEM 

29

SULTENG RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menggelar sosialisasi pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) tahun 2018 tingkat kabupaten di kantor Bupati Sigi, Jumat (7/9/2018).

Bupati Sigi, Mohammad Irwan yang membuka kegiatan itu mengatakan, sosialisasi ini merupakan dukungan teknis pengembangan tanaman tahunan dan penyegar. Tujuannya, untuk memberikan gambaran terkait penguatan lembaga ekonomi masyarakat agar bisa menyamakan presepsi sehingga kegiatan dapat berjalan secara efisien.

Dikatakannya, lembaga ekonomi masyarakat merupakan lembaga negara yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat yang ingin mewujudkan adanya lembaga di tingkat desa dengan memiliki status berbadan hukum.

Menurutnya, penguatan LEM merupakan upaya untuk membangun komitmen bersama, memotivasi anggota untuk berswadaya dan tidak menggantungkan harapan pada bantuan pihak lain.

“Lembaga ini sangat diperlukan dalam pembangunan pertanian di desa demi peningkatan ekonomi. Dengan konsep kelembagaan ini diharapkan kesadaran masyarakat melahirkan kesepakatan warga untuk berinvestasi secara swadaya,” kata Bupati Irwan.

Selanjutnya, dalam mendukung dan mengembangkan konektifitas antara LEM tingkat desa, maka akan dibentuk pula lembaga bisnis berbadan hukum yang wilayahnya lebih luas yang berkedudukan di tingkat kecamatan atau kabupaten.

“Dengan demikian dapat dilahirkan kelembagaan masyarakat yang kuat, mandiri, berkeadilan, berdaya saing dan berkelanjutan. Lembaga ekonomi masyarakat ini merupakan perekat persatuan dan kesatuan bagi seluruh warga desa dari berbagai latar belakang yang berbeda, serta menyatukan energi dari seluruh institusi yang melaksanakan kegiatan pembangunan di tingkat desa,” jelasnya.

Lanjut Bupati Irwan , untuk mewujudkan semua yang diinginkan, maka penguatan LEM harus dilaksanakan secara tersistematis melalui beberapa tahapan yang saling terkait, utuh dan tuntas.

Untuk itu, ia berharap kegiatan hari ini (Kemarin), dapat menghasilkan rumusan dan kesepakatan penting yang bermanfaat bagi pembangunan pertanian di Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenae, Kasubdit tanaman kelapa dan palma, Ir. Unggul Ametung, para Kepala OPD, kepala seksi investasi dan gangguan usaha perkebunan, Haikal Toramai dan sejumlah camat.FRY

Leave A Reply

Your email address will not be published.