Perekat Rakyat Sulteng.

Waspada! Penipuan Penerimaan CPNS 2018

BKD SULTENG\\RUBRIK

213

SULTENG RAYA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tengah mengimbau masyarakat agar waspada dan tidak mempercayai serta melayani permintaan baik sejumlah uang atau barang dari pihak-pihak yang mengatasnamakan Pemprov Sulteng atau BKD Sulteng dengan memberikan jaminan kelulusan dalam seleksi CPNS.

“Kami tegaskan bahwa BKD Sulteng belum melaksanakan atau pembukaan proses penerimaan 2018,” kata Kepala BKD Sulteng Zubair kepada Sulteng Raya, Kamis (9/8/2018).

Zubair pun mengimbau agar calon pelamar agar tidak mempercayai oknum penipu yang mengatasnamakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulteng dengan meminta sejumlah uang dalam kaitannya penerimaan CPNS 2018.

“Imbauan ini, kita keluarkan untuk mengantisipasi adanya korban penipuan yang mengatasnamakan Pemprov Sulteng atau BKD meminta sejumlah uang atau barang sebagai jaminan kelulusan CPNS. Karena, hal itu pasti terjadi. Beberapa waktu lalu, kami juga sudah mendapatkan laporan dari salah satu warga Kota Palu yang dihubungi seseorang dengan modus jaminan kelulusan CPNS,” jelasnya.

Zubair juga meminta masyarakat agar segera melapor atau memberikan informasi kepada BKD Sulteng jika menerima atau mendengar maupun mendapati oknum masyarakat atau PNS yang mengatasnamakan Pemprov Sulteng atau BKD Sulteng meminta sejumlah uang atau barang dengan memberikan jaminan kelulusan dalam seleksi CPNS.

“Termasuk dalam hal ini permintaan sejumlah uang untuk membantu proses layanan kepegawaian di BKD Sulteng. Jadi, kalau ada yang menemukan hal seperti itu, segera laporkan ke BKD maupun ke pihak kepolisian. Karena, kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami masyarakat akibat perilaku dan tindakan pihak-pihak atau oknum yang meminta sejumlah uang atau barang dengan memberikan jaminan kelulusan dalam seleksi CPNS dan atau membantu proses layanan kepegawaian di BKD Sulteng,” tegasnya.

Dia mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) maupun dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) soal penerimaan CPNS.

Ia pun meminta bagi masyarakat yang ingin berminat mendaftar sebagai CPNS 2018, sebaiknya memantau perkembangan proses penerimaan melalui portal resmi pemerintah, yakni www.menpan.go.id atau www.bkn.go.id.

Senada, Ketua Bidang Pengembangan dan Pembinaan Pegawai BKD Sulteng, Agung Eko Purwoko, mengatakan, pelaksanaan penerimaan CPNS bakal diumumkan oleh Menpan-RB.

“Untuk jadwalnya, menunggu keputusan dari Kemenpan-RB. Kemungkinan serentak. Jadi, imbauan BKD itu didasari, karena sering kali kami menemui masyarakat datang ke kantor urus proses CPNS. Padahal belum ada jadwalnya. Makanya sering kami sampaikan, kalau sudah ada, kami pasti beritahu kemasyarakat,” katanya.

DIUMUMKAN BULAN INI
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur baru-baru ini menjelaskan terkait waktu pendaftaran CPNS 2018.

Dia menegaskan penerimaan CPNS gelombang ini akan diumumkan secara resmi pada Agustus 2018.

Meski demikian, masyarakat diminta untuk tetap sabar menanti pengumuman CPNS 2018 tersebut.

“Insyaallah jadi (Agustus). Sabar-sabar,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kata Asman, saat ini pihaknya masih merampungkan formasi CPNS 2018.

Terkait detail mulai dari profesi hingga lokasi penempatan.

‎”Kan tinggal detailnya. Misalnya guru, tenaga kesehatan penempatannya di mana, sampai sedetail itu,” kata dia. HGA/RAF/TBN

Leave A Reply

Your email address will not be published.