Perekat Rakyat Sulteng.

Kades Harus Jadi Teladan Bagi Warga

18

SULTENG RAYA – Bupati Poso, Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu menegaskan kepala desa (Kades) harus mampu menjadi teladan bagi warganya.

Hal itu disampaikan Bupati Poso usai melantik Kepala Desa Toinasa pengganti antar waktu Beni Bando menggantikan pejabat Kades, Sion Kasibude yang berlangsung di Balai Desa Toinasa, Senin (6/8/2018).

Darmin mengatakan, sesungguhnya kepala desa mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa, karena kepala desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks, serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya.

Lanjut bupati Darmin, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, siapapun pemimpinnya hendaknya menumbuhkembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan didesa secara optimal.

Sehingga hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi dikalangan masyarakat yang pada gilirannya juga akan mendorong partisipasi yg lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa.

Sementara itu, Bupati Darmin meminta perhatian khusus bagi Kepala Desa Toinasa yang baru dilantik tentang tiga hal penting yakni yang pertama, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas, mengingat tuntutan dan harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan khususnya sisa waktu tiga tahun kedepan diletakkan dan diamanatkan pada kades yang baru.

Yang kedua kata Darmin, sebagai unsur pemerintahan desa, kepala desa dan BPD merupakan mitra. Untuk itu kades harus dapat membangun komunikasi yang harmonis sekaligus bersinergi dan terus melakukan konsultasi dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dan ketiga agar kepala desa menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam menuju Poso Cerdas.

Diketahui, selain melantik Kades Toinasa, mantan Danyon marinir itu juga melaunching pelaksanaan imunisasi campak rubela tingkat Kabupaten Poso tahun 2018. Usai acara pelantikan, Bupati Darmin menyerahkan secara simbolis penyaluran beras sejahtera untuk wilayah Kecamatan Pamona Barat, penyerahan E-KTP, penyerahan makanan pendamping Asi serta penyerahan secara simbolis Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).*/YAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.