Perekat Rakyat Sulteng.

Empat Pilar Kebangsaaan, Jaga Indonesia 73 Tahun

67

SULTENG RAYA – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Supratman Andi Agtas mengatakan bahwa empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah menjaga keutuhan Indonesia selama 73 tahun. Hal ini diungkapkan Supratman saat melakukan sosialisasi di Kelurahan Talise Valangguni, Mantikulore, Kota Palu pada tanggal 22 Juli 2018 yang lalu.

Menurut politisi Partai Gerindra ini, empat pilar kebangsaan merupakan hadiah termahal para pendiri bangsa untuk masyarakat Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, beragam suku, agama, serta adat istiadat yang berbeda. Supratman mengatakan, empat pilar kebangsaan harus dimaknai sebagai alat untuk membangun sebuah bangsa ditengah keadaan negara yang sedang digoyang dengan berbagai persoalan. Empat pilar kebangsaan, kata Supratman harus terus disosialisaikan agar dapat menciptakan karakter bangsa dalam setiap individu masyarakat.

Narasumber lainnya dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut yakni ketua Komisi B DPRD Kota Palu, Thompa Yotokodi yang menjelaskan tentang salah satu dari empat pilar kebangsaan yakni UUD 1945.

Menurut Thompa Yotokodi, Undang-undang Dasar merupakan pedoman pokok hidup kita sebagai bangsa yang bernegara. Di dalamnya ditemukan pedoman-pedoman pokok dalam menjalankan pemerintahan. Thompa juga sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi empat Pilar kebangsaan yang dilakukan oleh Supratman Andi Agtas. Dia mengatakan, Empat Pilar Kebangsaan merupakan dasar utama bagi bangsa Indonesia dalam bernegara dan berbangsa yang harus terus digaungkan serta disosialisasikan. Tujuannya agar tiap generasi mempertahankan nilai luhur bangsa Indonesia itu.

“Kita berharap sosialisasi dapat terus dilakukan sebagai upaya meningkatkan rasa nasionalisme kita,” ujar Thompa.

Acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut, diikuti dan dihadiri puluhan warga di Kelurahan Talise Valangguni. WAN

Leave A Reply

Your email address will not be published.