Perekat Rakyat Sulteng.

Disdikbud Palu Canangkan Pembangunan SMPN Satap

30

SULTENG RAYA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu berencana membangun pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap (Satap) di Salena, Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi. Hal itu salah satu upaya dalam mencegah meningkatnya jumlah anak putus sekolah ditingkat SMP dan SMA diwilayah itu.

Saat ini tidak bisa dipungkiri banyak anak dari Kelurahan Salena ketika tamat Sekolah Dasar (SD) sudah tidak lagi melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat SMP. Sebab, sekolah SMP dan SMA di wilayah itu letaknya cukup jauh dari wilayah setempat. Jikapun ada warga salena yang melanjutkan pendidikan di pusat Kota Palu, itu hanya bisa dilakuan bagi yang memiliki keluarga di pusat Kota Palu agar bisa manampung selama sekolah. Sementara yang tidak memiliki keluarga mereka tidak mungkin bisa pulang balik untuk pergi ke sekolah dengan jarah yang begitu jauh.

Kondisi tersebut dipahami betul Kepala Disdikbud Kota Palu, Ansyar Sutiadi, sebagai mantan camat di wilayah tersebut. “Saya mengerti sekali kondisi yang ada di Salena karena sebelum saya menjadi Kepala Dinas saya pernah menjadi Camat di Daerah ini selama tiga tahun. Makanya kami tau betul kebutuhan masyarakat yang ada di Salena. Makanya secepatnya kami akan membuka sekolah satu atap untuk memudahkan mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” katanya, Kamis (9/8/2018).

Lanjutnya, sekolah itu nantinya bisa membantu masyarakat untuk bisa melanjutkan sekolah anak-anaknya yang masih usia sekolah. Pihaknya juga memiliki lokasi bagus untuk pembangunan sekolah satu atap tersebut tinggal proses pembangunannya.

“Kami hanya bisa memberikan bantuan pembangunan sekolah untuk bisa mengatasi putus sekolah itu. Kedepannya Salena ini bisa menjadi tempat wisata favorit di Kota Palu karena pemerintah Kota Palu saat ini fokus untuk mengembangkan tempat wisata yang ada di Salena. Dengan adanya pembangunan tersebut bisa jadi ekonomi masyarakat sekitar bisa meningkat dibanding sebelumnya,” terangnya.

Pihaknya hanya bisa berharap kepada masyarakat untuk bisa mendukung seluruh program pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur yang ada di Salena. Dengan adanya dukungan dari masyarakat maka seluruh fasilitas tersebut bisa terjaga dengan baik.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.