Perekat Rakyat Sulteng.

Tingkatkan Pendidikan, Pemkot Palu Dorong Partisipasi Orang Tua

43

SULTENG RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Palu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah terus berupaya mendorong partisipasi orang tua terhadap penyelenggaraan pendidikan anak.

Saat ini, Disdikbud Kota Palu sedang gencar-gencarnya menyosialisasikan mengenai pendidikan keluaraga. Hal itu berlandaskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nomor 30 tahun 2017 tentang pelibatan keluarga dalam penyelengaraan pendidikan.

Hasil dari sosialisasi tersebut, saat ini hampir seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Palu telah membentuk paguyuban keluara kelas. Sebagaimana amanah Permendikbud nomor 30 tahun 2017 tersebut, paguyuban keluarga merupakan salah satu metode untuk melibatkan keluaraga dalam pendidikan anak.

Kepala Seksi Pembinaan SD/PKLK Disdikbud Kota Palu, Ferry Cahyadi S.IP, mengatakan, bukan hanya SMPN di Kota Palu yang sudah bergerak membangun paguyuban keluaraga, namun juga sudah diikuti oleh sejumlah SD yang ada di Kota Palu. Pelibatan orang tua siswa dalam pendidikan itu penting. Sebab, pendidikan tidak akan berhasil tanpa adanya kerjasama dengan orang tua.

“Pendidikan tanpa bantuan orang tua tidak akan berhasil. Sebab, waktu anak itu lebih banyak bersama orang tua dirumah daripada di sekolah. Untuk itu, keterlibatan orang tua dalam membina dan mendidik anak sangat penting, hal itu bisa dilakukan dengan membiasakan anak melakukan hal-hal yang positif mulai dari hal yang kecil sampai yang umum dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,”katanya, Rabu (8/8/2018).

Menyadari hal ini, kata dia, pihaknya terus mendorong sekolah-sekolah agar secara aktif dapat membangun kemitraan dengan orang tua siswa massing-masing. Sehingga, orang tua siswa dapat terlibat dalam pendidikan anak. Dengan begitu, penyelanggaraan pendidikan di Kota Palu dapat mencapai tujuan pendidikan nasional.ADK

Leave A Reply

Your email address will not be published.