Perekat Rakyat Sulteng.

Usaha Kecil Tumbuhkan Ekonomi Sulteng

27

SULTENG RAYA – Selain dapat meningkatkan perekonomian secara pribadi, usaha kecil juga memiliki peran vital dalam meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah dan Nasional.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang diwakili Asisten administrasi umum dan organisasi Setda Sulteng Mulyono saat membuka pelatihan pelaku industri kecil oleh Dinas Pariwisata Sulteng, di Hotel The Sya Regency Palu, Selasa (7/8/2018).

“Tidak hanya itu, usaha kecil berperan menurunkan jumlah pengangguran,” katanya.

Apalagi, dengan menggandeng sektor pariwisata di Sulteng, dapat menjamin perekonomian masyarakat di wilayah ini. Menurut Mulyono, sektor pariwisata bersama pelaku usaha industri kecil merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan.

“Selain berdampak pada perekonomian, juga bisa menopang pariwisata di Sulteng,”jelasnya.
Mengambil inspirasi dari negara maju seperti Jepang, di negara matahari terbit tersebut industri berskala besar diwajibkan menggandeng industri kecil dalam memenuhi komoditas tertentu. Maka kata Mulyono, tidak heran jika 70 persen angkatan kerja negara Jepang terkonsentrasi di industri kecil.

Di Indonesia sendiri, usaha industri kecil dan pariwisata selalu berjalan bersama yang dimana disetiap objek wisata terdapat warga yang menjual oleh-oleh atau souvenir.

Terkait pelatihan tersebut, Mulyono berharap agar pelatihan yang diikuti oleh 30 pelaku usaha industri kecil ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru dalam memajukan pariwisata di Sulteng.

Sehingga visi dan misi Sulawesi Tengah dapat berjalan dengan baik yang bermuara pada berkurangnya pengangguran dan kemiskinan.

“Sesuai visi misi Pemerintah Sulteng yakni Maju, mandiri dan berdaya saing, khususnya pada sektor pariwisata,” harapnya.

Pada pelatihan ini, dihadiri Bapak Suwarno yang merupakan perintis usaha Bawang Goreng dengan merk dagang “Mbok Sri”, kemudian juga dari akademisi Universitas Tadulako Dra Aisyah. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.