Perekat Rakyat Sulteng.

KPU Sulteng Edukasi Mahasiswa IAIN Palu

49

SULTENG RAYA-Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu, mendapatkan edukasi tentang sistem pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah dalam program Goes To Campus.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming menjelaskan, jika kegiatan tersebut telah menjadi agenda sebagai wadah untuk mensosialisasikan pemilu 2019 kepada mahasiswa. Mengingat dari 186 juta daftar pemilih tetap pemilu 2019, sekitar 20 sampai 30 persen adalah pemilih pemula atau mahasiswa. Potensi tersebut dinilai sangat besar, sehingga penting bagi mereka untuk mengetahui seperti apa itu pemilu.

Selain itu, Ketua KPU juga mengharapkan kepada mahasiswa ini untuk membantu KPU untuk mensosialisasikan tentang pemilu kepada rekan-rekannya sesama mahasiswa, sekaligus mengajak rekan-rekannya menggunakan hak suaranya saat pemilihan Anggota DPR RI,DPD RI,DPRD kota/provinsi dan Pilres nantinya.

Karena jika hanya semata-mata mengharapkan penyelenggara pemilu untuk menjangkau semua elemen masyarakat, termasuk di dalamnya mahasiswa secara keseluruhan itu sangat sulit, sebab personil penyelenggara pemilu sangat terbatas.

“Yang tidak kalah penting itu, harus memiliki E-KTP, serta cek apakah saudara sudah terdaftar sebagai peserta pemilih atau belum, jangan sampai hak suara anda tidak digunakan,”pesannya. Rabu (8/8/2018).

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Datokarama Palu Drs H Iskandar, M.Sos.i mewakili Rektor IAIN Datokarama Palu, mengucapkan banyak terimah kasih kepada KPU Sulteng telah memilih kampus IAIN Datokarama Palu dari sekian banyak kampus yang ada di Kota Palu.

Terkait permintaan bantuan KPU Sulteng kepada IAIN Datokarama Palu, Iskandar berjanji atas nama civitas akademika IAIN Datokarama Palu siap membantu KPU Sulteng untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2019, sesuai dengan porsi kampus. “Kalau civitas akademika IAIN Datokarama Palu kapan pun diminta, demi negara kami selalu siap, KPU Sulteng tidak perlu ragu,”kata Iskandar.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara KPU Sulteng yang diwakili oleh Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming dengan IAIN Datokarama Palu yang diwakili oleh Wakil Rektor I Dr Abidin Djafar. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.