Perekat Rakyat Sulteng.

Putar Musik Keras, Penghuni Kos Nyaris Bentrok

103

SULTENG RAYA – Satuan Tugas (Satgas) K5 Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli melakukan pengamanan kepada sesama penghuni kosan di wilayahnya nyaris bentrok akibat suara musik dinilai cukup keras. Menyebabkan penghuni lainnya terganggu yang sedang beristriahat, Rabu (6/6/2018).

Demikian penyampaian Lurah Pantoloan, Ramli Latembo, saat dikonfirmasi Sulteng Raya, Kamis (7/6/2018).
Dia mengatakan, salah satu penghuni kos memutar musik keras. Namun, hal itu dianggap mengganggu tetangga kos lainnya yang menilai suara dari musik tersebut, sangat keras.

“Hanya persoalan memutar musik yang dianggap mengganggu kenyamanan penghuni kos lainnya yang sedang beristirahat,” ujarnya.

Ramli menambahkan, informasi mengenai kegaduhan itu, diterimanya berdasarkan laporan ketua Rukun Tetangga (RT). Beruntung, kata dia, Satgas K5 segera meredam suasana. Sehingga, tidak dapat berlanjut kepada tindakan negatif atau kontak fisik.

“Setelah kami mengamankan dan memastikan suasana kondusif, kami menyampaikan kepada para penghuni kosan, pesan-pesan Kamtibmas selama bulan suci Ramadhan,” katanya.

Terkait dengan menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Pemerintah Kelurahan Pantoloan telah membentuk posko Ramadhan sebagai tempat informasi Satgas K5 melakukan pengawasan Kamtibmas selama Bulan Ramadhan.
Sesuai surat edaran Wali Kota Palu, fungsi posko Ramadhan, selain memastikan pengawasan Kamtibmas, Satgas K5 juga dapat mengawasi warung-warung makan yang membuka pelayanan di siang hari, agar tidak membuka dagangannya secara transparan.

Kemudian, Satgas K5 juga diminta mengawasi tempat-tempat hiburan, agar tidak memutar dan mengeraskan suara musik di siang hari maupun pada malam hari, khususnya pada pelaksanaan ibadah Shalat Tarwih.

“Kami juga fokuskan razia kosan yang kumpul kebo, namun kejadian kemarin kami hanya meluruskan perselisihan itu, agar tidak meluas sehingga tidak terjadi adanya adu fisik antar sesama penghuni rumah sewa tersebut,” ungkapnya. BAL

Leave A Reply

Your email address will not be published.