Perekat Rakyat Sulteng.

Tenaga Kesehatan Belum Merata ke Pedesaan

144

SULTENG RAYA –Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sulteng, Dr Erson Sirait M Kes menuturkan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat masih belum terkafer dengan baik. Hal ini ditandai dengan kurangnya tenaga pelayan kesehatan, terutama di pedesaan.

“Pelayanan kesehatan, semua bidan cukup ahli. Yang menjadi permasalahan kurangnya tenaga dan penyebarannya kurang merata,” tuturnya kepada Sulteng Raya setelah acara pembukaan Musda IAKMI Sulteng ke – II di FKIK Untad. Sabtu (6/5/2017).

Ia menjelaskan, hal ini terjadi akibat tingginya beban kerja para tenaga kesehatan. Sehingga tidak mampu mengakomodir semua masyarakat.

Selanjutnya, management kerja menjadi penyebab minimnya pelayanan kesehatan. Seharusnya, setiap tenaga kesehatan harus diatur berapa jumlah pasien dan desa yang harus dilayani.

Dalam hal ini, ia menjelaskan pemerintah mesti berperan aktif mengatasi minimnya pelayanan kesehatan. Jika ini terwujud, maka persoalan kesehatan dapat diminimalisir.

“Jika ini berjalan dengan baik, semua persoalan kesehatan di masyarakat dapat diatasi. Meskipun tidak 100 persen, tapi bisa diminimalisir,” jelasnya.

Untuk itu kata Erson Sirait , pihaknya kedepan akan berupaya membantu pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. RAF.

Leave A Reply

Your email address will not be published.