Perekat Rakyat Sulteng.

Kapuskes TNI AD, Kunjungi Rumkitban Poso

52

SULTENG RAYA – Kapuskes TNI AD Mayjen TNI dr.Bambang, beserta rombongan didampingi Dandim 1307/Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi melakukan kunjungan dan peninjauan ke Rumkitban Poso, Kamis (13/4/2017).

Kunjungan tersebut, dilakukan untuk memeriksa langsung kesiapan Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) Poso milik TNI AD, untuk mendukung dan melayani kesehatan prajurit TNI dan masyarakat Poso, yang dinilai sudah cukup baik walaupun masih dalam tingkat sangat terbatas.

Kapuskes TNI AD Mayjen TNI dr.Bambang mengatakan, hal ini disebabkan masih terbatasnya sarana dan prasarana yang ada sesuai dengan tingkatan rumah sakit (RS) itu sendiri. Mengingat Kabupaten Poso hingga saat ini masih menjadi daerah konsentrasi pasukan yang terlibat dalam Operasi Tinombala, maka dibutuhkan fasilitas rumah sakit yang memadai yang dapat mendukung pelaksanaan tugas operasi Tinombala yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, fasilitas rumah sakit yang ada harus ditingkatkan termasuk Rumkitban Poso.

“Peningkatan status Rumkitban Poso menjadi Rumkit TK.IV dijajaran TNI AD sudah menjadi program kerja Pusat Kesehatan TNI AD sejak beberapa tahun yang lalu, agar dapat memenuhi kebutuhan kesehatan para prajurit yang sedang melaksanakan tugas di Kabupaten Poso. Hal ini bertujuan agar permasalahan kesehatan baik prajurit organik dan non organik yang ada di Kabupaten Poso dapat ditangani secara langsung tanpa harus merujuk ke RS. Wirabuana yang ada di Kota Palu,” katanya.

Dalam acara tatap mukanya dengan seluruh personel Rumkitban Poso, Kapuskes TNI AD Mayjen TNI dr.Bambang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Rumkitban yang telah melaksanakan tugas pokok dengan baik selama ini, khususnya dalam membantu penanganan kesehatan seluruh prajurit yang sedang terlibat Operasi Tinombala, tugas pokok ini hanya dapat tercapai apabila seluruh personel memahami mekanisme hubungan kerja satu dengan lainnya.

Menurutnya, tugas pokok rumah sakit adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh prajurit beserta keluarganya, serta masyarakat yang ada disekitar lingkungannya.

“Oleh karena itu, setiap personel yang ada harus mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai fungsinya dengan baik. Kerjasama dan saling mendukung satu dengan lainnya mutlak harus dilakukan karena tanpa bekerjasama niscaya tugas berat itu akan berhasil,” jelas Kapuskes TNI AD.

Dirinya berharap, dengan dimasukkannya peningkatan status Rumkitban ini kedalam program kerja Pusat Kesehatan TNI AD, Rumkitban ini dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugas pokoknya untuk memberikan pelayanan kesehatan baik terhadap prajurit beserta keluarganya yang ada di Kabupaten Poso.

Sementara itu, kedatangan Kapuskes TNI AD ini disambut dengan tarian adat Petasiwia yang merupakan ciri khas adat Poso untuk menyambut tamu-tamu kehormatan. Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Poso, Kapuskes TNI AD didampingi oleh Kakesdam XIII/Merdeka, Dandenkesyah Palu, Dandim 1307/Poso, Karumkitban Poso dan Dokter Satgas Tinombala. */YAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.