Perekat Rakyat Sulteng.

Indonesia Idol Junior, Ayi Poso Lolos ke Tiga Besar

187

SULTENG RAYA – Selalu mendapat masukan dari para dewan juri Indonesia Idol Junior 2016, dinyatakan tidak aman selama tiga kali kesempatan tampil, Ayi, idol cilik asal Poso akhirnya bisa selamat dari ‘kursi tidak aman’ dan lolos ke babak tiga besar sebagai salah satu kontestan Indonesia Idol Junior 2017.

Saat tampil di babak empat besar Indonesia Idol Junior, Minggu (19/2/2017), Ayi bisa rersenyum bangga ketika Indonesia ternyata memilihnya untuk keluar dari kursi tidak aman dan melenggang ke babak tiga besar.

Kombinasi dukungan udara untuk memilih (vote) Ayi, serta dukungan ‘darat’ dengan kehadiran Bupati Poso Darmin Sigilipu yang memimpin sporter Ayi di Studio 10 MNC Kebun Jeruk, Jakarta, menjadi kekuatan Ayi tampil di babak empat besar.

Ayi mendapat dukungan di udara melalui serangan sms yang dikomandoi Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Saleh Mustafa, Bupati Tojo Una Una, Muhammad Lahay dan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola serta para pimpinan SKPD di Kabupaten Poso.

Penampilan Ayi di babak empat besar Indonesia Idol Junior, diawali dengan duet di segmen kedua bersama Novita Sari. Mereka menyanyikan tembang karya Melly Gulsow, ‘Ada Apa Dengan Cinta’.

Penampilan berikutnya pada segmen empat solo, Ayi menyanyikan tembang milik Dewa berjudul ‘Sayap Sayap Patah’. Sedangkan penampilan terakhir pada segmen lima di babak empat besar, Ayi berduet dengan Sharon.

Selama tiga kali penampilannya, Ayi mendapat penilaian kualitas suara yang kurang konsisten pada nada-nada rendah. “Sudah dua kali penampilan kamu, selalu kesulitan pada nada-nada rendaha. Nggak pitchi (pitch kontrol jika memakai istilah Trie Utami). Apalagi lagu yang kamu bawain ini banyak berubah tonenya,” komen Vidy Aldiano.

“Ya sudah dua kali ini kamu selalu terjebak pada nada-nada rendah. Mungkin ini karena suara kamu sedang mengalami transisi ke dewasa. Tapi selalu diakhir lagu suara kamu nggak konstan,” komen Nola B Three.

Komen yang sangat santun dan terlihat di layar kaca sepwrti ada sedikit beban dari para dewan juri ketika harus menjudge Ayi dengan penilaian minor. Meskipun tetap profesional memberi penilaian, namun serasa kehadiran Bupati Poso Darmin Sigilipu yang memimpin langsung sporter Ayi di Studio 10, seakan menjadi tekanan moril buat dewan juri.

‘Sayap Sayap Patah’ yang dinyayikan Ayi pada segmen empat hampir menjadi kenyataan dan mematahkan kesempatan Ayi untuk lolos ke babak tiga besar. Namun, sayap Ayi kembali mengepak ke udara setelah presenter Tara menyatakan Ayi berpindah duduk dari kursi tidak aman ke kursi aman. Ayi pun mengepakkan sayapnya, terbang menembus babak tiga besar Indonesia Idol Junior 2016 yang akan dihelat pekan depan (26/2/2017).

Di babak tiga besar, Ayi akan berhadapan dengan dua kontestan lainnya, Sharon (Toraja) dan Navis (Yogyakarta). Ayi bukanlah tidak bagus, hanya saja pilihan lagu yang diberikan ternyata menjebaknya dalam peforma penampilan di atas panggung. Ini terlihat mempengaruhi rasa percaya dirinya.

Dua minggu berturut-turut dalam GR sebelum tampil, Ayi selalu lupa lirik lagu yang dibawakan. Bahkan ketika berduet dengan Sharon pada penampilan ketiganya di babak empat besar, Ayi sempat lupa lirik lagu pada part pertama.

Selain dukungan serangan udara melalui sms dan google vote, berikutnya di babak tiga besar, idol cilik asal Poso ini harus bisa tampil maksimal dengan peforma yang terbaik.

Bupati Poso, Darmin Sigilipu yang dihubungi Sulteng Raya menyatakan, di babak tiga besar nanti, Ayi harus bisa lebih meyakinkan publik Indonesia di luar Sulawesi Tengah dengan penampilan yang lebih bagus dari babak-babak yang sudah dilalui.

“Dengan penampilan terbaik, Ayi pasti bisa meraih dukungan dari publik di luar Sulteng dapat dukungan lebih bahyak dari dua kontestan lain. Kami optimis Ayi akan mengharumkan nama Poso dan Sulteng,” kata Darmin Sigilipu.

Di ajang Indonesia Idol Junior, semuanya mungkin saja terjadi. Ayi, idol cilik asal Poso tetap berpeluang melaju ke babak final. Dukungan penuh masyarakat Sulawesi Tengah melalui sms atau google vote, akan membuat kepakan sayap Ayi tetap kuat menembus babak final. Pencapaian Prestasi yang sangat membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Poso dan Sulawesi Tengah. OTR/TMG

Leave A Reply

Your email address will not be published.