Perekat Rakyat Sulteng.

Juni 2017 TDCC Launching

85

SULTENG RAYA– Sekertaris Komisi IV DPRD Sulteng Zainudin Tambuala mengatakan event Tour De Central Celebes (TDCC) diproyeksikan akan dilaunching akhir Juni 2017.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Komisi IV DPRD Sulteng, kepada Sulteng Raya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (17/2/2017).

“TDCC akan dilaunchingkan akhir Juni 2017,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan TDCC tersebut, pihak Kemenpar RI sangat merespon pelaksanaan event tersebut, termasuk penganggarannya pada saat Komisi IV DPRD Sulteng melakukan koordinasi di Jakarta.

“Kemenpar sangat antusias menyambut rencana pelaksanan event TDCC, termasuk juga penganggarannya, karena melihat sinergitas pihak eksekutif, Pemda Kabupaten/Kota dan bersama legislatif,” ujarnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan TDCC, akan dihadiri oleh Kemenpar sehingga pihak Kemenpar juga dapat melihat secara langsung, bahwa Sulawesi Tengah merupakan salah satu provinsi atau daerah yang memiliki destinasi wisata yang dapat diandalakan di Indonesia.

“Kegiatan TDCC ini jelas dihadiri oleh Kemenpar RI, jika perlu Presiden, paling kurang menteri yang hadir dalam kegiatan TDCC ini,” ungkapnya.

Untuk jumlah nominal anggaran dari Kemenpar yang akan diberikan dalam pelaksanaan TDCC tersebut, pihak DPR tidak mengetahui secara pasti, karena hal ini diranah eksekutif.

“Nominal, itu urusan teknis eksekutif dan merekalah yang punya ranah,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD provinsi Sulawesi Tengah Marlela mengatakan, kegiatan tersebut rencananya akan digelar di empat Kabupaten dan satu Kota, guna mempromosikan potensi wisata dan budaya daerah serta industri kreatif Sulawesi Tengah ketingkat nasional dan mancanegara, dan juga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

“Untuk titik kegiatannya diantaranya, Kabupaten Tojo Unauna , Poso, Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Dalam kegiatan nantinya pariwisata akan menampilkan bermacam-macam potensi Sulawesi Tengah seperti desatinasi wisata, budaya, kuliner dan berbagai macam Souvenir lokal dan lain sebagainya,” Kata Marlela, Rabu (12/1/2017).

Dijelaskan Marlela, dalam event lintas kabupaten yang akan digelar itu, akan dimulai dari Kabupaten Ampana yang merupakan titik star dan finishnya di Kabupaten Sigi. Serta untuk pembiayaan pengelolaannya itu dibebankan di masing-masing kabupaten.
“Kalau provinsi ini kan hanya koordinator, jadi termasuk pembiayaannya itu kabupaten, walaupun awalnya mungkin ada dari provinsi dan pusat juga, tetapi yang banyaknya itu diwilayah kabupaten itu sendiri,” ujarnya.

Marlela mengharapkan kegiatan ini dapat memajukan pariwisata di Sulawesi Tengah dan dapat dijadikan event tahunan yang dapat menggerakkan, serta dapat bermanfaat dalam hal peningkatan pendapatan masyarakat Sulawesi Tengah. HYT

Leave A Reply

Your email address will not be published.